Hear and Write Challenge!

Beberapa hari yang lalu saya mendapat ide menarik dari adik saya. Dia bercerita kalau salah satu temannya memberikan tantangan untuk menulis berdasar musik yang sedang didengarkan pada saat itu. Saya menjulukinya Hear and Write Challenge. Saya jadi tertarik untuk melakukannya.

Perfeksionisme selalu menjadi masalah saya dalam menulis. Bukan sekali saya terjebak dalam proses pembuatan kerangka plot. Berbulan-bulan saya habiskan, tapi draft pertama tak kunjung dihasilkan. Saya selalu ingin cerita yang saya buat sempurna. Selalu ingin pesan moral yang saya berikan menggerakkan hati pembaca. Padahal saya tahu bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan, dan menulis itu seperti melepaskan jutaan panah asmara pada ribuan pembaca. Beberapa akan tertembak pasrah, jatuh cinta dengan plot yang saya tawarkan, tapi tidak sedikit yang akan mendengus pergi, karena panah saya tak berhasil menyentuh hati mereka.

Novel itu seperti puzzle. Tak semua keping menemukan pasangannya di hati pembaca.

Oleh karena itu saya berharap, tantangan ini akan membuat saya lebih kreatif, sekaligus mengurangi sifat perfeksionis yang bercokol erat. Tentunya setelah memodifikasi peraturan agar sesuai dengan tujuan saya menulis :

  1. Saya tak akan memilih lagu, tapi saya boleh mendapat kesempatan untuk berpikir cukup lama untuk mendapatkan alur cerita yang tepat.
  2. Saya akan menulis selama durasi lagu, tapi saya tak akan meninggalkan cerpen saya dengan cerita yang menggantung, ataupun tanpa teredit tata bahasanya dengan baik.
  3. Saya akan mencoba melakukan ini secara rutin, minimal sebulan sekali.

Lalu hari ini, setelah semua tanggung jawab ditunaikan, saya pikir, tak ada salahnya saya melakukan tantangan pertama, sebelum saya kembali terjun dalam proses pembuatan novel yang tak kunjung usai itu. Saya membuka iTunes, mengaktifkan fungsi random dan menekan play, dan saat itulah lagu “Silk” yang dinyanyikan oleh Giselle mulai mengalun. Membuat saya berteriak gembira. Saya suka lagu ini.

Saya tahu! Saya akan bercerita tentang dua insan yang terjepit dalam situasi bumi yang meregang nyawa.

Saya selalu tertarik dengan tema kiamat. Bahkan ada beberapa musik yang saya suka karena nadanya mengingatkan saya akan akhir zaman, salah satunya adalah lagu “Silk” yang dinyanyikan oleh Giselle.

Jujur, saya puas dengan tantangan pertama saya :). Memang, tidak sempurna, tapi sekali lagi, bukan itu yang (seharusnya) saya tuju.

Selamat membaca!

Amanda.

4 thoughts on “Hear and Write Challenge!

Leave a Reply

