Sebuah Fanfiction : Ada Apa Dengan Rangga?

Cinta-Rangga

Saya adalah penggemar berat Ada Apa Dengan Cinta? yang dirilis pada tahun 2002. Bagi saya, AADC kala itu bukan sekadar hiburan, tapi medium nostalgia yang sarat akan kenangan pahit-manis masa SMA. Itulah mengapa ceritanya begitu jelas terpatri dalam benak saya, lagu-lagu pengiringnya setia saya dengarkan sampai hari ini, dialog-dialognya masih menjadi pencair suasana dengan teman-teman lama, orang-orang yang terlibat di dalamnya terus menjadi alasan mengapa saya menonton film-film karya anak negeri bertahun-tahun kemudian.

Mengingat belakangan ini saya sedang tergila-gila dengan bidang tulis-menulis fiksi, jelas sempat terlintas dalam benak saya tentang apa yang mungkin terjadi pada Rangga dan Cinta di masa sekarang. Plot macam apa yang sekiranya paling indah, paling bermakna, paling menggambarkan AADC–menurut preferensi saya. Namun siapalah saya selain novelis pemula yang baru menerbitkan dua karya lewat jalan self-published? Bagaimana pula ide saya ini dapat diwujudkan dan dinilai oleh banyak pembaca?

Pucuk dicinta ulam tiba, suatu hari saya mendapat kabar bahwa sebuah portal menulis lokal Storial (@storialco) bekerjasama dengan Miles Production (@milesfilm) untuk mengadakan kompetisi menulis fanfiction AADC2 bagi jiwa-jiwa yang tak sabar mengekspresikan diri. Sekadar informasi bagi yang terlupa/asing, fanfiction adalah istilah untuk tulisan fiksi versi fan/penggemar yang mengacu pada karya yang sudah ada. Fanfiction bisa berupa kelanjutan versi penggemar dari sebuah film/novel/lagu yang sudah berakhir atau masih berlanjut, bisa versi lain dari plot yang sudah dijelaskan, bisa juga penjelasan cerita yang belum diungkapkan.

Dalam fanfiction semua boleh dan mungkin terjadi, karena di sana, si penggemar/fan adalah yang berkuasa.

Dipancing seperti itu, benak saya pun jadi tak bisa berhenti bekerja. Semuanya terasa begitu menggebu-gebu. Belum selesai satu ide diasah, ide lain sudah minta dibedah. Setelah dipertimbangkan, saya memutuskan untuk mewujudkan premis tentang AADC2 versi saya yang sudah pernah diungkapkan di blog Racauan Manda (baca postingan ini). Judulnya Ada Apa Dengan Rangga?

Maka saya pun berpartisipasi. Karya dipublikasi, lalu menunggu penilaian dan komentar selama sebulan lebih lamanya. Siapa yang menyangka bahwa karya iseng-iseng saya itu mendapat tempat di antara karya-karya fanfiction AADC2 yang dipilih oleh penyelenggara.

pengumum

Akhirnya, ada kabar gembira lainnya yang bisa saya tampung pada blog ini. Sesuatu yang bisa saya simpan selamanya di memori, dan semoga sampai nanti pun akan tetap manis di hati.

Saya masih butuh masukan berupa kritik, saran maupun sekadar apresiasi. Jadi bila berkenan, silakan menilik cerita pendek fanfiction karya saya, Ada Apa Dengan Rangga? pada akun Storial (id:rainyamanda) atau Wattpad (id:rainyamanda).

Atau, pada blog Tulisan Manda ini. Linknya sudah tersedia di bawah ini :

Fanfiction Ada Apa Dengan Rangga?

Sampai bertemu di kabar-kabar berikutnya,

Amanda.

 

 

Advertisements

One thought on “Sebuah Fanfiction : Ada Apa Dengan Rangga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s